“Banyak orang tertarik berinvestasi emas batangan, namun tak cukup berani untuk membeli karena sejumlah keraguan juga kekhawatiran. Padahal, investasi logam mulia ini terbilang paling sederhana, menguntungkan dengan risiko lebih kecil dibandingkan investasi keuangan seperti saham misalnya.

Kekhawatiran calon investor kerap muncul karena minimnya edukasi. Calon investor khawatir emas yang akan dibelinya akan sulit dijual kembali, tak tahu ke mana harus menjualnya, nilai emas akan menurun, juga takut emas yang dibelinya hilang.

Meski keraguan masih kerap muncul, kesadaran masyarakat untuk berinvestasi emas batangan terus bertumbuh. Salah satu penandanya, emas batangan di pameran perhiasan internasional, Jakarta International Jewellery Fair (JIJF) 2012, laris selama empat hari pameran.

Emas batangan 5 gr dan 10 gr paling diminati. Kesadaran masyarakat untuk investasi makin bagus. Meski banyak dari mereka yang masih bingung di mana harus membeli dan menjualnya kembali,

Edukasi mengenai investasi emas batangan perlu ditingkatkan untuk membantu masyarakat mengatasi rasa ragu dan khawatir untuk berinvestasi. Emas batangan merupakan investasi yang bersifat likuid, artinya bisa diuangkan kembali dengan menjualnya ke toko emas, bahkan bisa dijual kembali ke PT Antam. Jika butuh uang tunai dalam waktu cepat, emas juga bisa digadaikan.

Investasi emas batangan dapat membantu Anda merencanakan keuangan jangka panjang, misalnya untuk biaya pendidikan anak. Tujuan finansial di masa mendatang inilah yang akan menentukan nilai investasi emas batangan Anda.

Jika tujuan berinvestasi emas untuk biaya sekolah anak saat SMP, kebutuhan uang sudah bisa diperhitungkan, sehingga ini akan menentukan nilai emas yang ingin dibeli, apakah 5 gr, 10 gr atau di atasnya. Kalau tujuannya ingin membeli mobil beberapa tahun ke depan, dengan nilai Rp 100 juta misalnya, maka beli emas batangan 50-250 gr. Perencanaan investasi bisa diperhitungkan.

Investasi emas batangan menguntungkan dengan kenaikan rata-rata 15-20 persen per tahun dari awal kepemilikan emas batangan. Dikatakan emas batangan karena emas ini berbentuk seperti batangan pipih, dengan kadar emas murni 99,99 persen. Anda bisa memilih ragam ukuran emas batangan mulai 1 gr, 2 gr, 2,5 gr, 3 ge, 4 gr, 5 gr, 10 gr, 25 gr, 50 gr, 100 gr, 250 gr, 1000 gr, dengan harga mulai Rp 500.000an untuk ukuran 5 gr kadar 999,9 persen, setebal 1,09 mm dengan dimensi 20,5×12,3 mm dari PT Antam.

Keuntungan memiliki emas batangan di antaranya dilindungi sertifikat sebagai salah satu cara untuk mencegah pemalsuan serta memudahkan penjualan kembali. Emas juga adalah aset yang menentukan nilainya sendiri, berwujud nyata, mudah dibawa, dapat dicairkan kapan dan di mana saja. Untuk mengurangi rasa khawatir akan kehilangan emas batangan setelah pembelian, Anda bisa menyimpannya melalui jasa safety box di bank.🙂 Masih ragu Nabung Emas ?”

(disarikan dari sumber : KOMPAS.com)