Orang yg sering gagal tuh cenderung sugestif, apalagi dr awal gagal, atau sering berhasil tp naik turun. Dan biasanya org2 yg sayang sm kita tuh ga tega ngeliat kita begituh, krn mereka merasa kita “end” dan menderita, bukan sdg “proses” dan belajar.
Dg baiknya akan memberi suguesti2 ampuh “sudahlah, km ga usah bisnis, toh gagal terus kan, ky si anu ajah kerja dpt duit” “maaf yah, km tuh emg ga bisa bisnis, ngerjain yg kecil2 ajah ga bisa, udah ga usah bermimpi yg besar2 dulu” “baiknya sih skrg km fokus kuliah dulu” “baiknya sih skrg km kerja dulu klo dah ada modal baru bisnis” daan banyak lagiih..

Yg secara ga langsung klo terus menerus trjadi akan masuk kedalam alam bawah sadar kita dan akan membuat mental-block. Penakut! Sgt penuh perhitungan! Dan rasa takut kegagalan yg sgt besar.

Solusi dari Bang Gesa ^^ :
1. Biar ga gagal, dr awal utk yg baru mau mulai, coba deh mulai dr yg kecil2 ajah, yg simpel n low risk. Bertahaapp.. Ikutin hukum proses dan ga trlalu serakah.
2. Jgn trlalu nafsu, belom apa2 sudah ekpansi.. Baru untung sdikit sdh ngembangin yg macem. Biasanya disini yg sering, bisnis A blom stabil udah buka bisnis B. akhirnya bisnis B rugi, bisnis A jg kena
3. Yakinkan diri klo bisnis ada Untung ada Rugi. mana yg lebih besar antara untung n rugi trgantung skill kita masing2.
4. Gagal ada proses belajar, dan belajar biayanya perlu biaya. Sbrapa besar biaya(kerugian) yg kita keluarin, maka sebesar “kelas” kita di bisnis. Ada yg 1 juta, 10juta, 200jt, 10M dan lain2. Mau dimana kelas kita? Siap bayar “uang belajar”nya?beraaattt… Hihi
5. Hmmm.. Dan terakhir, klo gagal curhatnya sm Allah, sm Dia boleh ngadu semuanya dan jelasin scr spesifik, habis itu ke mentor bisnis atw ustadz bisnis. Sm rekan3 pengusaha jg bisa. Udah, tp klo yg lain cem keluarga, temen, dll mending kulit2nya ajah.. Krn scr ga langsung mereka akan menyugesti kita sperti yg sy blg diatas.

Udah itu ajah dah sharing dari saya, Gagal itu pasti, temen lama dari seorang pengusaha, gimana kita menstrategikan biar ga besar dan bisa bangkit lg itu yg harus kita pelajari.

“Tidak ada yg mengalahkan pengalaman,
Tidak juga bakat, tidak juga keberuntungan,
tidak juga momentum.
Semata2 keringat, tangisan, kerjakeras, jatuh, berdarah, dan TETAP BANGKIT ketika yg lainnya menyerah.
Karena yg disebut Pengalaman adalah kemampuan mengulangi kegagalan berulangkali hingga menemukan kesuksesan” ini kata michael jordan. Dan gw rasa kalian kenal dia

“Seni kehidupan adalah mengatasi masalah ketika ia muncul, bukannya menghancurkan semangat dg mencemaskan hal2 yg terlalu jauh didepan. Terutama saat ini” ini kata Marco T Cicero, konsul roma sbelum julius caesar klo ga salah

Dan segini ajah #sharingberkahpagi saya

Ditempat seperti ini, kita belajar untuk tidak pernah meminta maaf pada hidup, tidak pernah menyesal.
Tempat ini terlalu basah utk ditambah air mata, dan terlalu sempit utk diisi penyesalan..
Kupulang kepadaMu, rumah terindah..