Kisah Fiktif Inspiratif: Hakim ber-HATI

Tags

, ,


Di ruang sidang pengadilan, seorang hakim duduk tercenung menyimak tuntutan jaksa PU terhadap seorang nenek yang dituduh mencuri singkong. Nenek itu berdalih bahwa hidupnya miskin, anak lelakinya sakit, dan cucunya kelaparan. Namun seorang laki yang merupakan manajer dari PT yang memiliki perkebunan singkong tersebut tetap pada tuntutannya, dg alasan agar menjadi cnth bagi warga lainnya.
Hakim menghela nafas. dan berkata, “Maafkan saya, bu”, katanya sambil memandang nenek itu.

”Saya tak dapat membuat pengecualian hukum, hukum tetap hukum, jadi anda harus dihukum. Saya mendenda anda Rp 1 juta dan jika anda tidak mampu bayar maka anda harus masuk penjara 2,5 tahun, seperti tuntutan jaksa PU”.

Nenek itu tertunduk lesu, hatinya remuk redam. Namun tiba-tiba hakim mencopot topi toganya, membuka dompetnya kemudian mengambil & memasukkan uang Rp 1 juta ke topi toganya serta berkata kepada hadirin yang berada di ruang sidang.

‘Saya atas nama pengadilan, juga menjatuhkan denda kepada tiap orang yang hadir di ruang sidang ini, sebesar Rp 50 ribu, karena menetap di kota ini, dan membiarkan seseorang kelaparan sampai harus mencuri untuk memberi makan cucunya.

“Saudara panitera, tolong kumpulkan dendanya dalam topi toga saya ini lalu berikan semua hasilnya kepada terdakwa.”

sebelum palu diketuk nenek itu telah mendapatkan sumbangan uang sebanyak Rp 3,5 juta dan sebagian telah dibayarkan kepanitera pengadilan untuk membayar dendanya, setelah itu dia pulang dengan wajah penuh kebahagian dan haru dengan membawa sisa uang termasuk uang Rp 50 ribu yang dibayarkan oleh manajer PT yang menuntutnya.

Semoga di indonesia banyak hakim-hakim yang berhati mulia sepertii ini.

Sumber: http://www.facebook.com/photo.php?fbid=330076443710821&set=a.121837781201356.25496.100001254032737&type=3&theater

Advertisements

Catatan Terakhir


Terjagalah dari segala maksiat
dari segala zina dan nafsu dunia yang sesat
disatukan dalam karunia yang suci bersama jiwa jiwa
yang selalu haus akan ibadah dan penuh harga diri

ini bukan cerita cinderela
bukan juga patah arang cinta buta siti nurbaya
tak dapat diukur tapi bersama Allah
semua pasti akan teratur
dinyatakan dalam ketulusan
dari mutiara ketakwaan yang sangat mendalam
bersemi dari pupuk akhlak yang hebat
berbuah dalam kesabaran dan ketekunan yang lebat

tidak, ini takkan dimengerti
oleh hati yang penuh dengan dusta
yang buta oleh warna warni dunia yang fana
ini hanya untuk mereka yang selalu ingin luruskan
keteladanan bagi generasi berikutnya
keteladanan abadi dalam harum kesturi dan buah ibadah
dan menjadi manis seperti kurma
diawal rembulan yang indah
untuk selalu berjalan dalam kesetiaan dan harapan
dan hanya mau mencium
atas dasar kemurnian kita berkata cinta
karena bukan apa siapa dan bagaimana
tapi luruskanlah dalam wangi surga
karena apa sebenarnya kita berani berkata cinta

hingga rambut kita memutih
hingga ajal kan datang menjemput diri ini
hingga rambut kita memutih
hingga ajal kan datang menjemput diri ini

inilah cinta sejati
cinta yang tak perlu kau tunggu
tapi dia tumbuh bersama doa malam yang teduh
tak tersentuh oleh mata dunia yang palsu
petunjuk yang selalu datang
dari ruang para malaikat
yang sanggup melihat tak kenal pekat
tak lekang oleh zaman yang kan terus melaju
takkan habis oleh waktu
karena kecantikannya tersimpan dihati
dalam pesona yang selalu menjaga jiwa

yang menjadikan dunia menjadi surga
sebelum surga sebenarnya
yang membuat hidup lebih hidup
dari kehidupan sebenarnya

Seperti sungai yang mengalir
bening airnyapun selalu artikan keseimbangan syair
yang satukan dua perbedaan dalam satu ikatan
untuk melihat kekurangan sebagai kesempatan
dan kelebihan sebagai kekuatan
lalu saling mengisi seperti matahari dan bulan
dalam kesetiaan ruang kesolehan dan kasih sayang
bagi sejarah penutup halaman terakhir perjalanan
para kesatria sastra jihad dan dakwah
tercatat dalam untaian rahmat berakhir
dalam catatan terakhir yang mulia
digariskan hanya oleh ketetapan Allah Subhanahu wata’ala

hingga rambut kita memutih
hingga ajal kan datang menjemput diri ini
hingga rambut kita memutih
hingga ajal kan datang menjemput diri ini

THUFAIL AL-GHIFARY

Nasehat diri dalam memilih Pasangan Hidup


Bismillah…

Teringat dengan beberapa baris kata yang sering sekali terekam di dalam kepala,

“Tak perlu menuntut yang sempurna, dan mempersulit keadaan yang sebenarnya sederhana. Sebab padamu juga kelemahan itu selalu ada. Yang benar adalah sempurnakanlah niat awal kita, jika ia penuh berkah dan ridha dari-Nya, maka titik kemuliaan menjadi seorang manusia, Insya Allah akan dimudahkan oleh Allah untuk ada dalam diri kita”

Ada juga sebuah selentingan yang cukup “menggigit”,

“Semakin banyak kriteria, semakin banyak syarat, semakin banyak keinginan.. maka bersiap-siaplah kecewa. Apa penyebabnya ? karena bisa jadi yang diharapkan tak seindah realita, yang disyaratkan tak sempurna dalam lakunya. Maka berharap menemukan seseorang dalam kesempurnaan hanya membuat yang sederhana menjadi rumit dan tak mudah untuk dicerna”

Tentang penggalan kalimat kedua di atas. saya (lagi-lagi) teringat buku Serial Cinta-nya Anis Matta, di topik “Mengelola Ketidaksempurnaan”

“Apa lagi ketampanan yang tersisa di dunia ini ketika telah dibagi habis kepada Nabi Muhammad SAW, dan Yusuf AS. Dan kecantikan yang telah disempurnakan kepada Sarah istri Ibrahim AS dan Khadijah RA Istri Rasulullah. Hingga pesona kebajikan pun telah direnggut habis oleh Utsman bin Affan dan keluruhan budi telah dimiliki secara purna oleh Aisyah RA”

Lalu apa yang tersisa bagi kita manusia? Kita hanya terbagi sedikit (kalaupun ada) keshalihan-keshalihan para salafushalih yang telah hidup dalam cinta pada-Nya secara sempurna. Maka mengharap sebuah kesempurnaan pada seseorang, apalagi ukurannya adalah cantik, kaya, punya kedudukan, juga sangat shalih tanpa cela. Maka bersiap-siaplah kecewa serta bersiap-siaplah untuk terpasung dalam kerumitan. karena mencari satu dari sekian banyak pasangan jiwa dengan kriteria di atas, tak lebih hanya menyulitkan keadaan dan memperkecil kesempatan.

Tapi ini soal SELERA? Ini soal pasangan jiwa yang akan kita punya seumur hidup kita? Kalau kita tak CINTA, kita tak TERTARIK.. bisa kacau akhirnya?

Karena jawaban-jawaban inilah. Kita tengok saja hati-hati kita. Sebab jika NIAT Lillahi Ta’ala, maka kemuliaan pernikahan akan sangat jauh kedekatannya dengan nilai-nilai DUNIA. Ia hanya lekat dengan sebuah tujuan sederhana, “Menikah untuk membuatku lebih cinta pada-Nya, lebih tenteram beribadah kepada-Nya, menjaga kehormatan dan farj-ku dari kemaksiatan, dan menyempurnakan agamaku dan agamanya agar jauh lebih menghamba”. Jika ini terpasung kuat di dalam diri. Maka tambahan kriteria-kriteria lain yang lebih terkesan dunia, Insya Allah akan mulai mudah hilang dalam hitungan waktu yang berikutnya.

Sebagai kalimat penutup, saya ingin menuliskan barisan kalimat sederhana berikut :

“Ukurlah diri.. Berkacalah sedetail mungkin. Karena bisa saja CELA itu jauh lebih banyak dibanding kriteria yang telah diinginkan. Maka tanyalah pada hati yang jernih agar bisa memberi fatwa. Manakah patokan yang harus kau pakai. Jangan sampai hanya ukuran dunia yang menjadi tujuan kita”

Allahu’alam Bishawab

 

 
Oleh: Ario Muhammad
Sumber: http://www.dakwatuna.com/2011/11/16075/nasihat-memilih-pasangan-hidup/#ixzz1mJnQtW3z

Nasehat Pak Ciputra untuk calon istriku ^^


 

Apa Yang Harus Diketahui Sebelum Nikahi Entrepreneur

Anda hendak menikahi seorang entrepreneur ? Bohong jika Anda tidak merasa ragu dengan masa depan. Sebagian besar orang terutama yang masih berpikiran konvensional merasa bahwa profesi entrepreneur bukanlah profesi yang menjamin masa depan yang cerah, apalagi jika orang yang Anda akan nikahi adalah seorang entrepreneur yang belum sukses di mata masyarakat.

Apa saja alasan yang membuat seseorang yakin dan bangga untuk menikahi seorang entrepreneur? Banyak! Inilah beberapa di antaranya.

Anda akan nikahi sumber ide dan passion yang tak akan habis. Pasangan Anda ialah sosok optimis. Anda mungkin tidak mengetahuinya sekarang tetapi Anda sepakat untuk ikut menjelajah jalur kehidupan yang penuh ketidakpastian dengannya. Pada dasarnya, Anda mungkin berkelana dengannya menjelajahi tak hanya satu tetapi begitu banyak kemungkinan dalam kehidupan ini.

Anda juga akan menikahi seseorang yang menganggap tidur dan istirahat sebagai pelengkap dalam kehidupan mereka.

Lalu bagaimana dengan uang? Itulah yang selalu mereka pikirkan siang dan malam. Ya, akan ada saat-saat yang tak terhitung saat pasangan Anda nampak tak fokus, terlalu banyak menangani urusan, dan / atau terganggu dengan impian-impian yang terdengar tak masuk akal (dalam banyak kasus, mungkin Anda bisa jadi benar!

Anda akan mencoba untuk beradu argumen dengannya, dan bahkan Anda mungkin akan berusaha membujuknya mengambil pilihan profesi yang lebih aman dan stabil  tetapi Anda mengetahui bagaimana  ia berhasil mengelak.

Anda akan merasa begitu ragu saat pasangan Anda berkata “Inilah peluang emas!” dan meneriakkan “Rasanya tinggal sedikit lagi!” Tetapi menjadi yakin saat menyaksikannya bekerja keras siang malam untuk meraih impiannya.

Jangan menyerah. Jangan lupakan hal-hal yang membuat Anda tertarik kepadanya. Bisa jadi itu adalah hal-hal yang berhubungan dengan energinya yang meluap-luap dan passionnya yang mengalir secara konstan dari dalam jiwa mereka.Jangan juga lupakan kenyataan bahwa orang yang Anda kasihi itu adalah satu dari sekian sedikit orang di dunia ini yang bisa bangun di pagi hari mengharapkan untuk berlibur bersama Anda di sela kesibukan

Ingatlah bagaimana ia membuat Anda merasa begitu dihargai sebagai individu.Mungkin pasangan Anda ini nampaknya terlalu sibuk atau tak peduli, namun ketahuilah bahwa dalam hatti mereka sering berpikir tentang Anda dan merasa sangat termotivasi dalam pekerjaannya saat memikirkan cintanya kepada Anda.

Jangan lupakan bahwa mereka membutuhkan kepercayaan Anda, ingin terus mendorong Anda dan berbicara tentang kebenaran dalam cinta. Tindakan kecil yang penuh kasih sayang dan dukungan tulus bisa membuat perbedaan besar dalam jiwa mereka.

Sadarilah bahwa bagi pasangan Anda kehidupan adalah petualangan. Entah Anda menyukainya atau tidak.Ia penuh dengan kejutan dan akan membuat hidup Anda lebih berwarna.
Kemapanan itu memabukkan baginya. Dan mungkin, sebuah fatamorgana. Tak ada yang statis di dunia ini, bukan?

Terimalah dia apa adanya dan nikmati perjalanan yang akan Anda berdua arungi.
Rayakan ide-ide yang telah berhasil  diimplementasikan dan belajarlah dari kegagalan bersama-sama.
Berkomunikasilah sesering mungkin dan hindarilah kebohongan, tanpa harus menjadi terlalu pesimis atau optimis.

Tolak untuk menyerah dalam proses menjalani kehidupan yang sesuai dengan pilihan Anda dan dia, yaitu dalam dunia wirausaha

 

Jadi sudahkah Anda mantap menjalin tali pernikahan yang sakral dengan seorang entrepreneur?

 

 

 

 

 

Sumber: http://www.ciputraentrepreneurship.com/kesehatan/gaya-hidup/14677-apa-yang-harus-diketahui-sebelum-nikahi-entrepreneur.html

Tell me why, why are we still friends


We do almost everything that lovers do
And that’s why it’s hard, just to be friends with you
Every time your heart is broken by the fool
I want you to know that it hurts me too
It’s hard to wipe your tears away
Knowing that you should be with me
Now tell me why

Why – why are we still friends
When everything says
We should be more than we are
And tell me why every time I find
Someone that I like
We always end up just being friends

I would hate for you to find somebody new
Who you really love, cause it would mean losing you
But am I a fool girl not to say
If I’m always scared I’ll lose you anyway
Somehow somewhere I’ve got to choose
No matter if it’s win or lose
Now tell me why

I don’t wanna be like your brother
I don’t wanna be your best friend
I only wanna be your lover
When will this end
If I told you that I wanna be in your life
Then you could be the woman in mine

 

 

 

 

——————

why are we still friends (98 degrees)

Tanya Murid ke Seorang Guru (1)


Malam ini, ditengah kegelisahan yang sangat, tiba2 aku teringat dengan Guruku, Guru kehidupan serta guru yang menjadi perantara Hidayah Allah kediri ini..

Assalamu’alaikum.. abang ane yang paling dahsyat,, ane minta tausyah dong, ttg definisi kesuksesan.. rasanya sudah mulai gersang nih perjalanan ane..

tanpa waktu yg lama datang sms balasan…

Ketika Allah rindu pd seorang hamba, Dia akan mengirimkan sebuah kado istimewa melalui Malaikat Jibril yg isinya adalah UJIAN. Dalam hadits Qudsi, Allah berfirman, “Pergilah pada hambaKu, lalu timpakanlah berbagai ujian padanya krn Aku ingin mendengar rintihannya”. (HR.Thabrani dr Abu Ummah)

Siapa yang bangun dipagi hari dan hanya DUNIA yang dipikirkannya, sehingga ia tidak mengingat Allah (tidak dzikir), maka Allah akan menanamkan 4 penyakit:

  1. Kebingungan yang tiada putus-putusnya
  2. Kesibukan yang tiada pernah ada ujungnya
  3. Kebutuhan yang tidak pernah terpenuhi
  4. Khayalan yang tiada berujung (HR.Muslim)
Astaghfirullah… Allah, ijinkan Aku kembali…

26 Amanah Selama di ITB


Alhamdulillah pada tanggal 4 oktober 2011 pukul 17.00 wib tepat akhirnya saya mengakhiri perjalanan panjang saya di ITB. Hemmm.. sudah banyak banget yang saya lakukan disini, jadi pengen nulis sambil nginget2 amanah apa yang dulu pernah di jabat.. Diantaranya yg berhasil dituliskan:

Keluarga Mahasisa Islam ITB (GAMAIS ITB)

  1. Sekjend Internal G06                                          2006
  2. Maganger MSDA                                                    2006
  3. Staff kesekjendan                                                  2007
  4. Komandan Pasukan Khusus (FORCE-T)       2008
  5. Kepala Sektor Pergerakan                                 2009
  6. Sekretaris Jenderal (Sekjend)                          2009

 Keluarga Mahasiswa Islam Teknik Material ITB (MIM ITB)

  1. Anggota Divisi Mentoring        2006
  2. Sekjend Eksternal                        2007

 Himpunan Mahasiswa Teknik Material ITB (MTM ITB)

  1. Anggot Muda                             2007
  2. Maganger PSDA                        2007
  3. Staff Divisi Sosial                      2008
  4. Sekjend Kaderisasi (Osjur)   2008

 Kabinet Keluarga Mahasiswa ITB (KM ITB)

  1. Tim Materi INKM                      2008
  2. Sekjend Alumni DAT08          2008
  3. Staff ahli Menko Eksternal     2009
  4. Menko Perekonomian             2010
  5. Pengurus Inti/ Ring 1              2010

 YPM Masjid Salman ITB

  1. Kader Inti                                    2007
  2. Asrama Putra Salman             2007
  3. Anggota Muda Mata’               2007

 Lain-lain

  1. Kordinator Aliansi Masyarakat Anti Film Porno (AMORNO) Bandung, 2008
  2. Forum Indonesia Muda, 2008
  3. Presiden Asrama PPSDMS Bandung 2009
  4. Anggota Unit Capoeira ITB 2006
  5. Anggota Unit Tae Kwon Do 2008-2010
  6. Direktur Sekolah Pengusaha Muda ITB 2011

Waahh.. ga nyangka sudah cukup banyak amanah yang saya dapatkan selama di ITB, bakal berat nih mempertanggungjawabkan semuanya, Semoga Allah meridhai semua yang saya lakukan selama ini.. Semoga bisa menjadi penambah timbangan amal kebaikan dan penggugur keburukan-keburukan, insya Allah…

Alhamdulillah akhirnya menjadi Gesa Falugon, S.T.


Alhamdulillah setelah perjalanan yang panjang dg status mahasiswa ITB, akhirnya tanggal 4 oktober 2011 pukul 17.00 kemaren berakhir sudah. Setelah melewati sidang yang cukup meneganggkan akhirnya saya bisa lulus dengan nilai yg wokeee… IPK diatas 3 lah, hampir cumlaude tp sayang bgt euy ga nyampe.. ga pa2 toh ga bakal kepake bwt ngelamar pekerjaan.. heemm.. mungkin buat ngelamar yang lain kepake kayanya, hehehe…

Kalau dihitung2 sih, dulu pertama kali masuk ITB tanggal 14 Agustus 2006, waktu itu sidang pembukaan penerimaan mahasiswa baru di Sabuga ITB. masih kurus dan cupu banget. Jelas!! jadi udah berapa lama tuh.. sekitar:

5,14 tahun atau 61,6 bulan atau 268,14 minggu atau 1877 hari atau 45.050 jam atau 2.703.000 menit atau 162.180.000 detik

waawww… cukup lama juga,, semoga waktu yang lama ini sangat berkah dalam melanjutkan sisa umur yg ada… Terima kasih ITB, terima kasih kawan-kawan sudah menjadi bagian dalam hidupku…

 

Semoga dg tanggung jawab seorang enginer, bisa menjadi pengusaha yg membawa kemandirian bangsanya.. Berangkaaaaaaaatttt… Thx bwt semuanya..

puisi galau #1


aku merasa ada yg hilang,
tanpa tahu apa yg sudah kutemukan,
aku merasa menemukan,
tanpa tahu apa yg aku cari,
dan aku seperti masih mencari,
tanpa tahu apa yg sudah hilang…
seseorang yang kita pikir adalah milik kita, ternyata bukan benar-benar milik kita,

kita memiliki hatinya,
tubuhnya dan cintanya
tp kita tidak akan pernah memiliki jalan hidupnya…

sumber:lupa

11 Sifat istri yang BURUK

Tags

, , , , , ,


Assalamu’alaikum… Apabila istri anda atau calon istri anda tidak memiliki sebelas sifat buruk ini, maka beliau adalah istri yang shalehah. Sebelas sifat buruk ini adalah:
istri yang sewenang-wenang dan menguasai dalam hal pendapat serta tindakan, menyepelekan kehormatan dan kedudukan suaminya;
istri yang sombong dan angkuh, mengangkat diri karena harta, kecantikan, kedudukan profesi, sosial, gelar, dan ijazah;
istri yang berakhlak buruk dalam pergaulan dan hubungan masyarakat;
istri yang egois, hanya mementingkan diri sendiri, mengabaikan kepentingan orang lain, dan tidak suka mengalah;
istri yang selalu mengingkari kebaikan orang lain dan selalu berkeluh kesah, selalu menyalahkan dan mengkritik suami;
istri yang materialis, malas, kikir, dan tidak mau memberi kecuali dengan mengharapkan imbalan;
istri yang selalu menentang dan melawan walaupun dalam hal yang bukan kepentingannya;
istri yang cerewet sehingga menyebabkan suami tidak betah di rumah;
istri yang mengerjakan ibadah sunnah (shalat dan puasa sunnah), tetapi mengabaikan kewajiban-kewajiban suami-istri;
istri yang sangat pencemburu dan sering melontarkan tuduhan kosong yang hanya berdasarkan prasangka;
istri yang royal, boros (tabdzir) penghambur harta.
Source: Hikmah Humor Kisah dan Pepatah karya Abdul Aziz Salim Basyarihil

Naudzubillah mindzalik.. Semoga kita terhindar dari cobaan diatas.
Kebayangkan yah gimana rasanya sisa umur kita ini dilalui bersama pasangan yang seperti itu. Bakal tahan ga? klo kita nasehatin malah dia marah2 dan merasa lebih jago, hehe.. pasti susah bgt dah.. secara yang cuma ketemu temen yg punya sifat2 diatas ajah gedegnye setengah mati, apalagi ini orang yg nemenin kite selamanya..

“Dunia ini berisi dari berbagai jenis perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan adalah istri yg sholehah”

istri yang sholehah ye yg penting, klo yg unyu, yg cantik, yg kaya, yg pinter, dll, ini mah cuma bonus tambahan. Bagus klo kite bisa dapetin bonusnya yg banyak, tapi klo sedikit juga kagak napah. Jangan berkecil hati, masih ada 3 kesempatan lagi. hehe.. 😛

Solehah adalah HARGA MATI untuk kita-kita yang ingin menjadikan Dunia ini fasilitas untuk mencari Ridho Allah dan jelas menikmati sisa umur dengan tenang dan tentram. “Istri yang bersikap jujur dan setia kepada suami meringankan setengah beban kehidupan suami”. Kenapa sih harus yg sholehah? klo saya sih ngeliatnya “orang yang sama Tuhannya saja tidak takut dan berkhianat, apalagi dengan suaminya”. untuk lebih lengkapnya mungkin bisalah baca2 referensi Novel2nya kang abik, hehe

Back to Topic, untuk kawan2 yang sudah memiliki isteri dg kriteria yg sebelas diatas, mendingan kalian segera bertobat deh, karena bisa jadi karena kaliannya yg buruk maka Allah memberikan pasangan kalian yg buruk pula. klo ternyata kalian baik, berarti itu ujian…

Buat yg pada belom nikah, dan berharap mempunyai isteri yg sholehah, dan terhindar dari kesebelas sifat diatas, maka yg harus dilakukan..Persiapkan diri, kite ngaca dulu sifat2 kite gimana, udah baik belom.. gimana tahajudnya, sholat2nya, sedekahnya, dll. klo belom yuk kita sama2 perbaiki dulu, agar kualitas kita bisa sama dengan karakteristik dari “istri idaman” kita.. Taubat dan perbanyak istighfar, tapi niatnya yg bener karena Allah..

simpelkan, intinya lelaki baik untuk wanita baik dan lelaki keji untuk wanita keji, klo kita berharap pasangan kita baik tapi kita masih keji.. yah perbaiki dululah sifat2 kita.. Insya Allah dimudahkan..

Adalah suatu ketidakadilan dan ketidakbenaran bagi Allah untuk memenuhi keinginanmu
karena Allah tidak dapat memberikan sesuatu yang bukan seperti engkau.

Tidaklah adil bagi Allah untukmemberikan seseorang yang penuh dengan cinta dan kasih
kepadamu jika terkadang engkau masih kasar;

Atau memberikan seseorang yang pemurah tetapi engkau masih kejam;
atau seseorang yang mudah mengampuni, tetapi engkau sendiri masih suka menyimpan dendam;
seseorang yang sensitif, namun engkau sendiri tidak…

Adalah lebih baik jika Allah memberikan kepadamu
seseorang yang Allah tahu dapat menumbuhkan segala kualitas yang engkau cari selama ini

daripada membuat engkau membuang waktu mencari seseorang yang sudah mempunyai semua itu.
Pasanganmu akan berasal dari tulangmu dan dagingmu, dan engkau akan
melihat dirimu sendiri di dalam dirinya dan kalian berdua akan menjadi satu.
Pernikahan adalah seperti sekolah, suatu pendidikan jangka panjang.
Pernikahan adalah tempat dimana engkau dan pasanganmu akan saling menyesuaikan diri dan tidak hanya bertujuan untuk menyenangkan hati satu sama lain, tetapi untuk menjadikan kalian manusia yang lebih baik, dan membuat suatu kerjasama yang solid.

Allah tidak memberikan pasangan yang sempurna karena engkau tidak sempurna.

Allah memberikanmu seseorang yang dapat bertumbuh bersamamu

dan yang terpenting: Beraaaaaaanggkaaaaaaaattttt!!