Kultwit 2: Mencari partner bisnis yang baik dan tepat


Sharing kultwit tentang partner bisnis di @gesafalugon. Semoga bermanfaat.

1. Bingung memilih rekan bisnis? mungkin 4 hal berikut ini bisa membantu memutuskan apakah rekan bisnis yg kita pilih sudah tepat #G2
2. Hal pertama yg sgt penting adalah: Visi, Misi, Target, Impian #G2
3. Samakan persepsi dengan rekan bisnis anda, apa visi dan impiannya ketika memulai bisnis? tidak harus dibuat tertulis #G2
4. Namun diskusi sederhana yang hangat dan ringan dapat membuat kita mengetahui apa sebenarnya impian dan tujuan dari bisnis yang akan dijalankan bersama #G2
5. setiap org tentunya memiliki tujuannya sendiri, namun dalam hal ini, kita dan partner harus memiliki bahasa yang sama, jangan sampai hal ini menjadi konflik di tengah jalan #G2

6. Yang Kedua adalah masalah “Komitment” #G2
7. Bicarakan komitment kita dan pertner terhadap bisnis yang akan dijalankan, kondisi ini tidak dapat diremehkan, #G2
8. tidak jarang partner bisnis “cerai” dengan alasan sulit bertemu, ataupun anda merasa tidak fair karena partner bisnis anda tidak pernah mengunjungi usaha anda #G2
9. jika anda/partner bisnis anda tidak memiliki waktu yang cukup, maka anda harus mengetahui bagaimana rekan anda komitment terhadap bisnis #G2

10. Yang ketiga adalah masalah Modal dan pembagian keuntungan #G2
11. hal ini sangat jelas sekali, jangan sampai ada rasa ketidakadilan di salah satu pihak #G2
12. IMHO, berpartner harus saling mengeluarkan modal, walaupun sedikit karena hal ini dapat membuat anda atau rekan anda serius untuk menjalankan bisnis #G2
13. jika salah satu tidak mengeluarkan modal, akan serasa tidak ada resiko bagi salah satu pihak. Cara yang adil adalah berbagi modal dan keuntungan #G2

14. Yang keempat adalah mengenai: Kontribusi #G2
15. apa kontribusi dari masing-masing orang? jika kita fulltime, maka jelaskan bahwa kita memiliki waktu penuh untuk bisnis kita #G2
16. dan jika bekerja, maka jelaskan bahwa disamping bekerja, kita akan meluangkan waktu untuk bisnis, sehingga kita dan rekan tahu bagian dan tugas masing2 #G2
17. jika memang tidak memiliki waktu yg cukup, maka diskusikanlah agar setiap orang dalam tim dapat berkontribusi #G2

18. dengan 4 hal diatas, kita akan tahu apakah rekan bisnis kita adalah orang yang tepat atau tidak, dan bagaimana cara mncari yg tepat #G2
19. seringkali akan timbul rasa sungkan atau rasa ‘tidak sreg’, mungkin saat itulah kita bisa memutuskan apakah rekan kita adalah pasangan yang tepat atau tidak #G2
20. Namun, diatas itu semua, tindakan nyata bisnis anda akan sangat menentukan pencapaian usaha anda #G2
21. Jangan terlalu berlandaskan kepercayaan dalam ber’partner’, semua harus jelas dan tertulis mengenai kesepakatan n perjanjian #G2
22. ketika masih membangun bisnis belom ada profit, jd kita msh tenang2 ajah. Tp ktika profitnya sdh 100jt/bulan bkl sering cekcok #G2
23. Klo dari awal tidak disepakati dg jelas semuanya, ketiga untung, atau ketiga rugi #G2
24. Semoga kita “jodoh” menemukan partner bisnis yg baik dan tepat, dimulai dr usaha kecil, hingga UKM(Usaha Kecil Miliaran) ūüėÄ #G2

25. Sudah segini sajah sharing dr saya. Jangan sampai hanya gara2 uang, persahabatan dan persaudaraan dg partner rusak. Semangat! #G2

Advertisements

Menggemari Hujan


Menggemari hujan
Yang selalu bisa menyembunyikan air mata kesedihan
menutupnya dan tidak membagi

Menggemari hujan
Karena hanya hujan
Yang mampu menghapus segala air mata kesedihan kenangan
Dan membantu memunculkan ketenangan

Langit tak selamanya indah dg hujan
walau begitu aku tetap menggemarinya..

Kamu


Ada tempat berteduh di ujung sana.
setengah berlari aku mendekat.
duduk beralaskan plastik setengah kering.
Kuambil kertas dan pena dari saku yang mulai terasa basah.
ah, lagi-lagi aku ingat kamu.
dan ingin menulis tentang kamu.
semuanya tentang kamu…

Managemen Kegagalan Dalam Bisnis


Orang yg sering gagal tuh cenderung sugestif, apalagi dr awal gagal, atau sering berhasil tp naik turun. Dan biasanya org2 yg sayang sm kita tuh ga tega ngeliat kita begituh, krn mereka merasa kita “end” dan menderita, bukan sdg “proses” dan belajar.
Dg baiknya akan memberi suguesti2 ampuh “sudahlah, km ga usah bisnis, toh gagal terus kan, ky si anu ajah kerja dpt duit” “maaf yah, km tuh emg ga bisa bisnis, ngerjain yg kecil2 ajah ga bisa, udah ga usah bermimpi yg besar2 dulu” “baiknya sih skrg km fokus kuliah dulu” “baiknya sih skrg km kerja dulu klo dah ada modal baru bisnis” daan banyak lagiih..

Yg secara ga langsung klo terus menerus trjadi akan masuk kedalam alam bawah sadar kita dan akan membuat mental-block. Penakut! Sgt penuh perhitungan! Dan rasa takut kegagalan yg sgt besar.

Solusi dari Bang Gesa ^^ :
1. Biar ga gagal, dr awal utk yg baru mau mulai, coba deh mulai dr yg kecil2 ajah, yg simpel n low risk. Bertahaapp.. Ikutin hukum proses dan ga trlalu serakah.
2. Jgn trlalu nafsu, belom apa2 sudah ekpansi.. Baru untung sdikit sdh ngembangin yg macem. Biasanya disini yg sering, bisnis A blom stabil udah buka bisnis B. akhirnya bisnis B rugi, bisnis A jg kena
3. Yakinkan diri klo bisnis ada Untung ada Rugi. mana yg lebih besar antara untung n rugi trgantung skill kita masing2.
4. Gagal ada proses belajar, dan belajar biayanya perlu biaya. Sbrapa besar biaya(kerugian) yg kita keluarin, maka sebesar “kelas” kita di bisnis. Ada yg 1 juta, 10juta, 200jt, 10M dan lain2. Mau dimana kelas kita? Siap bayar “uang belajar”nya?beraaattt… Hihi
5. Hmmm.. Dan terakhir, klo gagal curhatnya sm Allah, sm Dia boleh ngadu semuanya dan jelasin scr spesifik, habis itu ke mentor bisnis atw ustadz bisnis. Sm rekan3 pengusaha jg bisa. Udah, tp klo yg lain cem keluarga, temen, dll mending kulit2nya ajah.. Krn scr ga langsung mereka akan menyugesti kita sperti yg sy blg diatas.

Udah itu ajah dah sharing dari saya, Gagal itu pasti, temen lama dari seorang pengusaha, gimana kita menstrategikan biar ga besar dan bisa bangkit lg itu yg harus kita pelajari.

“Tidak ada yg mengalahkan pengalaman,
Tidak juga bakat, tidak juga keberuntungan,
tidak juga momentum.
Semata2 keringat, tangisan, kerjakeras, jatuh, berdarah, dan TETAP BANGKIT ketika yg lainnya menyerah.
Karena yg disebut Pengalaman adalah kemampuan mengulangi kegagalan berulangkali hingga menemukan kesuksesan” ini kata michael jordan. Dan gw rasa kalian kenal dia

“Seni kehidupan adalah mengatasi masalah ketika ia muncul, bukannya menghancurkan semangat dg mencemaskan hal2 yg terlalu jauh didepan. Terutama saat ini” ini kata Marco T Cicero, konsul roma sbelum julius caesar klo ga salah

Dan segini ajah #sharingberkahpagi saya

Ditempat seperti ini, kita belajar untuk tidak pernah meminta maaf pada hidup, tidak pernah menyesal.
Tempat ini terlalu basah utk ditambah air mata, dan terlalu sempit utk diisi penyesalan..
Kupulang kepadaMu, rumah terindah..

Kultwit 1: Nasehat #OmLiem


Sharing kultwit tentang Nasehat #OmLiem di @gesafalugon. Semoga bermanfaat, baca yah cuma 3 menit kok..

1. Siapa yang tidak kenal Sudono Salim atau Liem Soei Liong, usahawan sukses kelas dunia? Ia mendirikan Grup Salim #OmLiem
2. Grup ini, antara lain melahirkan Indofood, Indomobil, Indocement, Indosiar, Bogasari, Bank Central Asia, dan lain-lain. #OmLiem
3. Pria yang akrab disapa #OmLiem ini juga pernah menduduki peringkat pertama sebagai orang terkaya di Indonesia dan Asia.
4. Bahkan, #OmLiem sempat masuk daftar “100 Orang Terkaya di Dunia”. Apa rahasianya, hingga bisa jadi pengusaha besar?
5. Pertama, #OmLiem punya bakat dan naluri bisnis yang luar biasa. Kedua, ia mengembangkan sifat-sifat ini: pekerja keras, pantang menyerah, dan tekun!
6. Katanya, kepada harian “Kompas” di Singapura: jika ingin sukses, jangan berpangku tangan saja. #OmLiem
7. Semasa muda, bekerjalah habis-habisan. Bersemangatlah dan efektif dalam menggunakan waktu. #OmLiem
8. Jangan cuti lama-lama, jangan selalu jalan-jalan, dan jangan tidur cepat! Jangan pula mudah menyerah pada kesulitan. #OmLiem
9. Bagaimana kalau gagal dalam usaha? Jangan putus asa. Bangun lagi dengan kiat baru! #OmLiem
10. Begitu seterusnya hingga Anda menemukan formula paling pas untuk sukses. #OmLiem
11. Kalau Anda mudah putus asa, sebaiknya jadi pekerja saja, jangan jadi usahawan…! #OmLiem
12. Jadilah pengusaha yang memiliki karakter yang baik. #OmLiem
13. Orang yang sukses dengan cara curang, pasti akan segera gulung tikar karena orang-orang/publik menolaknya. #OmLiem
14. Oleh karena itu, lebih baik untung lebih sedikit, namun diusahakan secara jujur dan ikhlas. Kita bisa tidur lebih nyenyak dan tidak punya beban. #OmLiem
15. “Memang benar, seorang pengusaha harus banyak akal,” kata #OmLiem “Tapi, jangan curang. Jangan ambil milik orang lain.”
16. Terakhir, #OmLiem mengingatkan: rajinlah membantu fakir miskin. Tujuannya, agar jiwa kita terasah untuk selalu berbagi.:) luarbiasa!

Quotes Dalai Lama


Hari minggu kemarin agak berbeda, karena kedatangan tamu sahabat dekat yg bernama Ryan. hmm.. banyaklah yg dilakukan dan didiskusikan, yg menarik adalah diskusi tentang sesuatu yg sampai sekarang saya lupa tentang apa, hehe.. tapi ujungnya keluar sebuah pernyataan atau #quotes menarik dari Dalai Lama yg bunyinya:

Manusia, Karena dia mengorbankan kesehatannya hanya demi uang;
Lalu dia mengorbankan uangnya demi kesehatan. Lalu dia sangat khawatir dengan masa depannya, sampai2 dia tidak menikmati masa kini; Akhirnya dia tidak hidup di masa depan atau pun di masa kini; Dia hidup seakan-akan tidak akan mati, lalu dia mati tanpa benar-benar menikmati apa itu hidup

hmmm,,, mungkin nasehat seorang kawan kepadaku, kawannya yang kelak akan menjadi Pengusaha Besar. amin

A Shoulder to Cry On


Life is full of lots of up and downs,
And the distance feels further when you’re headed for the ground,
And there is nothing more painful than to let you’re feelings take
you down,
It’s so hard to know the way you feel inside,
When there’s many thoughts and feelings that you hide,
But you might feel better if you let me walk with you
by your side,

And when you need a shoulder to cry on,
When you need a friend to rely on,
When the whole world is gone,
You won’t be alone, cause I’ll be there,
I’ll be your shoulder to cry on,
I’ll be there,
I’ll be a friend to rely on,
When the whole world is gone,
you won’t be alone, cause I’ll be there.

All of the times when everything is wrong
And you’re feeling like
There’s no use going on
You can’t give it up
I hope you work it out and carry on
Side by side,
With you till the end
I’ll always be the one to firmly hold your hand
no matter what is said or done
our love will always continue on

Everyone needs a shoulder to cry on
everyone needs a friend to rely on
When the whole world is gone
you won’t be alone cause I’ll be there
I’ll be your shoulder to cry on
I’ll be there
I’ll be the one you rely on
when the whole world’s gone
you won’t be alone
cause I’ll be there!

And when the whole world is gone
You’ll always have my shoulder to cry on….

Suka denger lagu ini, salah satu lagu favorit klo lagi “jatuh”. Klo diliat2 sih “pendamping hidup” memiliki peran yg sangat penting bagi seseorang untuk menjalani kehidupan yang selalu dihiasi suka dan duka. Tapinya pendamping hidup yg gimana dulu. yang jelas sih yang bisa mengerti kita dan siap bersuka-duka bersama, lah lah ko nyambung kesini, hehe.. udeh ah

 

Sekolah Pengusaha Muda

Tags

, , , , , , , ,


Sekolah Pengusaha MudaSekolah Pengusaha Muda (SPM) didirikan pada pertengahan februari tahun 2011. Pendirian SPM ini didasari sebuah keyakinan bahwa perguruan tinggi yang salah satu fungsinya sebagai motor penggerak perubahan harus berusaha untuk melahirkan lulusan-lulusan perguruan tinggi yang tidak hanya professional di bidangnya tetapi juga mampu menjadi seorang job creator (Entrepreneur).

Sementara paradigma yang ditangkap oleh masyarakat umum tentang pendidikan di perguruan tinggi adalah sebagai batu loncatan untuk mendapatkan pekerjaan dengan penghasilan yang tinggi setelah lulus. Sehingga yang ditanamkan orang tua kepada anak-anaknya ketika akan memasuki perguruan tinggi ialah bagaimana dapat memasuki perguruan tinggi terbaik untuk kemudian mendapatkan pekerjaan di perusahaan ternama dengan penghasilan yang tinggi.

Disisi lain, hasil survey Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) oleh Badan Pusat Statistika (BPS) Maret 2006 menyebutkan bahwa jumlah penduduk miskin di Indonesia pada Maret 2006 sebanyak 39,05 juta penduduk atau 17,75 % dari total 222 juta penduduk Indonesia. Angka pengangguran berada pada kisaran 10,8% sampai dengan 11% dari tenaga kerja yang masuk kategori sebagai pengangguran terbuka. Mereka yang lulus perguruan tinggi pun semakin sulit mendapatkan pekerjaan karena tidak banyak terjadi ekspansi kegiatan usaha.

Dengan demikian jelaslah paradigma yang ada dimasyarakat tersebut harus dirubah. Dan SPM adalah institusi yang mengambil langkah untuk mengubah paradigma tersebut.  Adapun tujuan SPM adalah :

  • Menumbuhkan motivasi berwirausaha di kalangan mahasiswa
  • Meningkatkan kecakapan dan ketrampilan para mahasiswa khususnya¬†sense of business
  • Menumbuhkembangkan wirausaha-wirausaha baru yang berpendidikan tinggi
  • Membangun jejaring bisnis antara wirausaha pemula dan pengusaha yang sudah mapan.
untuk lebih jelas bisa liat di:
WEB                               :  Sekolah Pengusaha Muda
Faceebok fans Page : SekolahPengusahaMuda
Twitter                          : @SPM_ID

Coretan bisnis: Mebangun bisnis = membangun sebuah gedung

Tags


Membangun bisnis. Ini tidak berbeda dg membangun sebuah gedung atau bangunan. Jika kita ingin membangun sebuah gedung, hal pertama yg perlu kitaaa lakukan adalah menggali lubang yg dalam dan membuat pondasi yg kokoh dan kuat. Jika kita hendak membangun sebuah rumah, yg kita perlukan hanyalah pondasi sedalam 1 meter. Namun utk mebangun sebuah gedung yg sgt tinggi kita perlu membangun lubang yg lebih dalam dg pondasi yg sgt kokoh. Celakanya, kebanyakan orang, karena nafsu kita yg begitu besar untuk menjadi kayaa dalam waktu singkat, berusaha membangun gedung pencakar langit dg pondasi yg cuma beberapa sentimeter. Ironis, masih byk orang yg percaya ada gedung tanpa pondasi.

ikuti hukum proses: tidak ada yg instan dalam mencapai kesuksesan.. Belajarlah teruuss.. Tingkatkan kapasitas, karena banyak hal baru yg asik utk dipelajari setiap harinya

Berangkaaaatttt…

(Inspirasi didalem travel Cibubur menuju Bandung)

Coretan bisnis: membangun bisnis = merawat pohon

Tags

, , , ,


Membangun Bisnis. Ini tidak berbeda dg menanam sebuah pohon, kita menyiraminya bertahun2 dan kemudiaan suatu hari pohon itu tidak membutuhkan kita lagi. Akar2nya sudah menjalar cukup jauh kedalam tanah, sehingga bisa mencari makan sendiri. Maka pohon itu memberikan naungan bagi kebahagian kita.

Seninya adalah bagaimana kita memilihi bibit pohon yg kuat dan menghasilkan buah yg nikmat. Bagaimana kita memiliki keyakinan kuat pohon yg masih kecil itu suatu saat dapat menjadi baatang yg kokoh dan bermanfaat.

Ketaaahuilah, ketika pohon itu kecil, ia sgt rentan terhadap penyakit, hama dan gangguan2 dr luar maupun dr dalam diri kita. Jd kita harus selesai dg diri kita dg memiliki keyakinan yg kuat. Kemudia kita fokus dg cinta merawat pohon itu hingga cukup layak utk ditinggalkan.

Semakin tinggi, semakin kuat angin yg meniupnyaa, semakin besar tantangannya, mungkin sekali-kali batangnya akan patah, tp yakinlah batang itu akn tumbuh dg semakin kuat.

Rawatlah pohon itu dg baik..

Love what you do, do what you love

(Inspirasi nongkrong di ekomart rafleshill)