Tags

, , , , , , , ,


Sekolah Pengusaha MudaSekolah Pengusaha Muda (SPM) didirikan pada pertengahan februari tahun 2011. Pendirian SPM ini didasari sebuah keyakinan bahwa perguruan tinggi yang salah satu fungsinya sebagai motor penggerak perubahan harus berusaha untuk melahirkan lulusan-lulusan perguruan tinggi yang tidak hanya professional di bidangnya tetapi juga mampu menjadi seorang job creator (Entrepreneur).

Sementara paradigma yang ditangkap oleh masyarakat umum tentang pendidikan di perguruan tinggi adalah sebagai batu loncatan untuk mendapatkan pekerjaan dengan penghasilan yang tinggi setelah lulus. Sehingga yang ditanamkan orang tua kepada anak-anaknya ketika akan memasuki perguruan tinggi ialah bagaimana dapat memasuki perguruan tinggi terbaik untuk kemudian mendapatkan pekerjaan di perusahaan ternama dengan penghasilan yang tinggi.

Disisi lain, hasil survey Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) oleh Badan Pusat Statistika (BPS) Maret 2006 menyebutkan bahwa jumlah penduduk miskin di Indonesia pada Maret 2006 sebanyak 39,05 juta penduduk atau 17,75 % dari total 222 juta penduduk Indonesia. Angka pengangguran berada pada kisaran 10,8% sampai dengan 11% dari tenaga kerja yang masuk kategori sebagai pengangguran terbuka. Mereka yang lulus perguruan tinggi pun semakin sulit mendapatkan pekerjaan karena tidak banyak terjadi ekspansi kegiatan usaha.

Dengan demikian jelaslah paradigma yang ada dimasyarakat tersebut harus dirubah. Dan SPM adalah institusi yang mengambil langkah untuk mengubah paradigma tersebut.  Adapun tujuan SPM adalah :

  • Menumbuhkan motivasi berwirausaha di kalangan mahasiswa
  • Meningkatkan kecakapan dan ketrampilan para mahasiswa khususnya sense of business
  • Menumbuhkembangkan wirausaha-wirausaha baru yang berpendidikan tinggi
  • Membangun jejaring bisnis antara wirausaha pemula dan pengusaha yang sudah mapan.
untuk lebih jelas bisa liat di:
WEB                               :  Sekolah Pengusaha Muda
Faceebok fans Page : SekolahPengusahaMuda
Twitter                          : @SPM_ID