Gesa….. Secerdas apapun kita, jika kita membuat kesal orang lain dengan berperilaku kasar, tidak tahu cara membawa diri, atau ambruk hanya karena stress sedikit saja, tidak seorangpun akan betah berada disamping kita, sehingga mereka tidak akan pernah tau sedalam apakah kebaikan yang kita miliki

Gesa….arahkan dan kendalikan diri kita sendiri dalam berpikir dan bertindak, serta jangan kita bergantung pada orang lain secara emosional. Andalkan diri kita sendiri dalam merencanakan dan membuat keputusan penting

Gesa…orang mandiri mampu bekerja sendiri, kita mesti bergantung pada tingkat kepercayaan diri dan kekuatan batin kita. Kita harus berdiri dengan kedua kaki kita sendiri, yg berarti kita bertanggung jawab atas kehidupan pribadi kita. Menjadi diri kita sendiri dan menentukan arah kita sendiri.

Gesa….jangan takut melakukan kesalahan sekecil apapun, kita harus berlatih untuk menerima suatu rencana setelah mencernanya lebih dulu dalam pikiran kita, kemudian menghadapi kemungkinan bahwa akan ada yg tidak pekata dengan diri kita.

Gesa… kita harus belajar dari pengalaman2. Cobalah untuk memaafkan dirimu sendiri karena telah melakukan banyak sekali kesalahan dan jangan biarkan kesalahan itu menghambat kita dimasa datang.

Gesa…. tak seorangpun yang bisa 100% benar. Sejarah pun menunjukan bahwa orang yg paling sukses dan paling dikagumipun ternyata pernah melakukan kesalahan fatal, yg kelihatannya tidak bisa diperbaiki atau berkali2 menemuin kegagalan dalam proses menuju suatu tujuan. Semua orang tahu bahwa berbuat salah sesunggunya manusiawi

Gesa….kita harus yakin atas kemampuan kita. Jangan cenderung untuk mengikuti kebanyakan orang yg bukan mewakili selera kita sendiri. Jika kita merasa lebih baik orang lainpun akan menghargai kita. Membuat keputusan dan menerapkannya kemudian konsisten menghadapi semua akibatnya adalah kunci sukses.

Gesa….jangan pernah selalu kita menjadi pengikut. Cobalah sebagai pemrakarsa. Kita seharusnya mandiri dengan mencerminkan keinginan yang mengakar untuk mengatur diri sendiri.

Gesa…harga diri sejati itu dibangun secara bertahap, selapis demi selapis dengan cara meraih kebanggaan yang bisa dibenarkan dalam bentuk prestasi nyata bukan karena optimisme semu yang disodorkan pihak ketiga.

Gesa…. mengetahui hal2 yg tidak kita ketahui, menemukan org yang mengeahuinya, dan memanfaatkan pengetahuan itu sebaik2nya adalah kunci yg membedakan antara orang yang bisa sukses, yg seharusnya sukses dan yg hampir sukses.

Gesa….cobalah berjuang meraih kehidupan bermakna mewujudkan potensi kita dengan pengertian, mengembangkan aneka kegiatan yg menyenangkan dan bermakna dan juga diartikan sebagai perjuangan seumur hidup dan kebulatan tekad untuk meraih sasaran jangka panjang.

Gesa….lakukanlah yg kita suka, jalani hidup dengan sebaik2nya yg menemukan keseimbangan. Kuliah bukanlah satu2nya aspek kehidupan, karena itu aktualisasi diri yg sejati mencakup juga kebutuhan untuk serba bisa, untuk menemukan keseimbangan disemua bidang yg kita tekuni.