Tags

, ,


Kelas Menengah Indonesia

Berikut sharing saya tentang #8sosok kelas menengah di Indonesia pada pagi hari tadi, untuk lebih asik untuk diskusi silahkan follow @gesafalugon

  1. Selamat pagi kawan, pagi ini ane mau sharing tentang “8 Sosok kelas menengah Indonesia” hasil riset pak @yuswohady sy ambil dari berbagai sumber #8Sosok
  2. Hmm.. sebelumnya sudah sering dengerkan ttg “The middle class” atau kelas menengah Indonesia? Atau ada yg belom tau? #8Sosok
  3. Siapakah yg disebut kelas menengah? Ada yang mau ngasih jawaban? #8Sosok
  4. Menurut Bank Dunia, gol. ini terbagi 4 kelas: Pendapatan US$2-US$4 or Rp1-1,5juta/bulan (38,5 %). Kelas pendapatan US$4-6 or  Rp1,5 -2,6 juta/bulan (11,7%)…
  5. … Kelas berpendapatan US$6-US$10 atau Rp2,6-5,2 juta/bulan (5%) serta gol. menengah brpendapatan US$10-US$20 atau Rp5,2-6 juta perbulan (1,3%) #8Sosok
  6. jumlah kelas menengah di Indonesia tumbuh pesat dlm kurun waktu 10 tahun terakhir. Pd 99 baru 25% or 45 jutajiwa, namun 10 thn kemudian melonjak jadi 42,7% or 93 jutajiwa. #8Sosok
  7. Sedangkan jumlah penduduk miskin berkurang dari 171 juta jiwa menjadi 123 juta jiwa. #8Sosok
  8. golongan menengah merupakan fenomena yang dominan di perkotaan. Kelas menengah terdiri dari sebagian besar adalah profesional di sektor jasa dan industri serta pengusaha. #8Sosok
  9. Dari sisi demografi, gol. menengah cenderung memiliki ukuran keluarga relatif kecil. #8sosok
  10. Mereka umumnya juga memiliki mobilitas tinggi dalam hal pekerjaan & tempat tinggal. #8Sosok
  11. Kalangan menengah juga lebih cenderung menghabiskan dana untuk pendidikan dan layanan kesehatan yang berkualitas. #8Sosok
  12. Kalangan ini juga memiliki dampak terhadap ekonomi, yaitu adanya lonjakan permintaan, bahan makanan menjadi barang tahan lama. #8Sosok
  13. Namun di saat bersamaan, meluasnya kalangan menengah juga menimbulkan hal-hal negatif.  #8Sosok
  14. Krisis makanan akan muncul serupa yang terjadi di berbagai negara dengan pertumbuhan kalangan menengah tinggi.
  15. Permintaan pangan dan energi akan meningkat. Dan tidak akan ada lagi masa harga pangan murah. Kalangan bawah akan sangat rentan terhadap kenaikan harga. #8Sosok
  16. Ironisnya, kalangan menengah Indonesia juga masih sangat bergantung pada subsidi dan baru sebagian kecil yang membayar pajak. #8Sosok
  17. Tanda2 yg terlihat jelas pertembuahan gol. mengenah: bioskop, mall dan pusat perbelanjaan, cafe2 mahal hampir setiap hari ramai dikunjungi para pengunjung
  18. Naik pesawat sekarang tidak sesepi dahulu, hampir semua orang punya hape bahkan byk yg hapenya lebih dari 1. #8Sosok
  19. Dan macetnya jalan2 karena hampir smua keluarga punya motor bhkan mobil jg menjadi salah satu pertanda kelas menengah kita menggeliat. #8Sosok
  20. Klo menurut hasil riset pak @yuswohady dlm majalah SWA edisi8 bulan April lalu. ada 8 karakteristik kelas menengah di Indonesia. #8Sosok
  21. PertamaThe Aspirator. Wajah kelas menengah ini mewakili karakter idealis, memiliki tujuan, serta menjadi influencer terhadap komunitasnya. #8Sosok
  22. Kalangan ini umumnya hadir dari kalangan profesional mapan yang sangat melek terhadap informasi, serta peduli terhadap kondisi sosial, budaya, ekonomi dan politik. #8Sosok
  23. Merek-merek seperti The Bodyshop, Periplus, TV One, Polygon merupakan contoh merek yang diadopsi oleh tipe ini. #8Sosok
  24. Kedua, The Perfomer. Kalangan ini diwakili kalangan profesional serta entrepreneur yang terus berusaha mengejar karier (self-achievement). #8Sosok
  25. Relatif tidak mudah puas, bermotivasi tinggi dan cenderung risk-taker. Seringkali melihat peluang sebagai tantangan yang harus dijalani. #8Sosok
  26. Merek-merek seperti C-1000, Smart FM, Metro TV, Telkom Speedy merupakan contoh merek yang diadopsi oleh layer kelas menengah ini. #8Sosok
  27. KetigaThe Expert. Tipe ini diwakili orang yang selalu berupaya menjadi ahli di bidangnya.
  28. Memiliki sifat kekeluargaan yang tinggi. Serta menjunjung tinggi norma-norma sosial dan kekeluargaan. #8Sosok
  29. Merek-merek yang mewakili layer ini seperti Produk unit Link, Garuda Indonesia, Toyota Camri, Tabloid Otomotif. #8Sosok
  30. KeempatThe Climber. Karakter tipe ini sangat economic-oriented. Risk taker dalam karier, serta menilai penghargaan dalam karier itu merupakan hal penting. #8Sosok
  31. Umumnya segmen ini terdiri dari karyawan level menengah/supervisor.
  32. Layer ini biasanya menggunakan merek2 seperti Lion Air, Toyota Avanza, majalah Femina, Adira Finance, Majalah Info Franchise, dll. #8Sosok
  33. KelimaTrend Setter. Konsumen menengah ini berkarakter sedikit jarang bersosialisasi, jarang meng-up-date informasi, tetapi kemampuan finansialnya lumayan tinggi.
  34. Keinginan untuk dikagumi teman sebaya cukup tinggi. Tipe kalangan ini banyak dihuni tipe pekerja yang baru pertama kali “merasakan” bekerja (first Jobber) #8sosok
  35. atau mahasiswa/pelajar yang berasal dari golongan menengah ke atas. #8Sosok
  36. Starbucks, iPad/iPhone, Mizone, Majalah Kosmopolitan, Honda Jazz merupakan contoh merek yang diadopsi kelompok ini. #8Sosok
  37. KeenamThe Follower. Tipe ini perilakunya sangat digerakkan oleh kondisi lingkungan sekitarnya.
  38. Ekspresi diri diejawantahkan dalam barang-barang bersifat life-style. Kalangan ini banyak diwakili mahasiswa dan anak-anak SMA.
  39. Merek-merek seperti 7 Eleven, Honda Scoopy, Majalah Hai, Samsung Galaxi Tab adalah merek-merek yang akrab di kalangan ini. #8Sosok
  40. KetujuhThe Settler. Kelompok ini mapan secara ekonomi dan finansial, karena umumnya kelompok ini berasal dari kelompok pedagang yang sukses. #8Sosok
  41. Tetapi dalam pengelolaannya cenderung bersikap konservatif. Kelompok ini biasa terkoneksi dengan merek seperti Dji Sam Soe, Hotel Santika, produk-produk Bank Syariah, Tabloid Nova.
  42. KedelapanThe Flower. Tipe ini bisa dikenali dengan kurangnya mengikuti perkembangan teknologi. Menjalani kehidupan mengalir seperti apa adanya. #8Sosok
  43. Menjunjung tinggi nilai-nilai spiritual serta menjadikan keluarga menjadi dunianya.
  44. Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Ibu Rumah Tangga mendominasi kelompok menengah tipe ini. #8Sosok
  45. Karena era saat ini adalah era kelas menengah, pemahaman yang komprehensif tentang kelompok ini amatlah penting,
  46. lebih-lebih bila Anda akan punya bisnis dg segmentasi konsumen kelas ini.
  47. Jadi menyiapkan materi manuver bisnis yang cocok untuk segmen yang akan dibidik merupakan hal penting yang perlu dilakukan. #8Sosok
  48. Semoga dengan info ini, sedikit banyak tergambar bagaimana menyusun strategi bisnisnya.
  49. Jadi, kalangan kelas menengah segmen mana yang hendak Anda bidik??? #8Sosok
  50. Silahkan jika ada yang ingin bertanya atau berdiskusi atau ada yang mau koreksi, terima kasih. ^^
About these ads